Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]




Ente punya impian jadi pengusaha muda Ga Sob?
kalo iya, berarti kita sama dong :D
eh tapi kalo di ingat-ingat sebenernya keinginan Ane untuk jadi pengusaha itu munculnya dadakan deh waktu kuliah. Asal Sobat tau ya, cita-cita Ane itu dari jaman SD sampe SMA itu selalu sama dan gak pernah berubah. “jadi presiden” :D :D

Nah.. kalo ditanya siapa orang yang bertanggung jawab dibalik berubahnya impian Ane itu maka jawabannya cuma satu, beliau adalah mas Ippho Santosa.

Semuanya bermula ketika Ane mengikuti seminarnya tentang wirausaha, setelah itu nggak tau kenapa semangat untuk berwirausaha semakin berapi-api. Hehehe… mungkin itu ya yang dimaksudkan jiwa muda oleh Bang Haji Rhoma :D

Salah satu pesan yang di tekankan dalam seminarnya waktu itu adalah :
“Mulai dan kerjakan dari apa yang kamu Sukai”
josssh….! motivasi udah punya, yang ingin diusahakan sudah jelas, Ane sudah punya semua kriteria itu
“trus bagaimana dengan modal…..?”
Oh iyaa…. itu yang belum Ane punya T_T
Project wirausaha yang Ane inginkan itu pun akhirnya harus di ‘pending’ dulu

Menjadi blogger pun kemudian menjadi jalan Ane untuk mengumpulkan modal. Emang sih pendapatan yang diperoleh masih jauh lebih sedikit dengan master-master blogger yang lain, tapi Ane sangat bersyukur karena pelan tapi pasti modal untuk usaha itu mulai terlihat. Alhamdulillah :D

disaat jumlah duit untuk membuka usaha mulai terkumpul, fakta di lapangan berkata lain, ternyata apa yang ingin Ane usahakan itu sedang turun trendnya (Nggak laku dipasaran).
“Nah Lo……! Ane harus usaha apa dong kalo begini…?”
Otak pun berpikir keras untuk mencari alternatif usaha yang bisa Ane lakukan
“Blank……..”
sampai satu bulan nggak ada satupun ide yang cocok muncul
……………………………………………………..
Sampai suatu hari datanglah adik sepupu Ane dari luar kota dan menawarkan untuk menjadi partner bisnis dari usaha barber shop yang ingin dia buka.
“barber shop…? hmm… Boleh juga” pikir Ane.

Ga pake lama “Deal” pun terjadi, Ane akhirnya memutuskan tuk mencoba menjadi pengusaha muda lewat jalur barber shop.
“Yeaaah….!”

ini nih beberapa alasan kenapa Ane mau membuka usaha barber shop
*1. barber shop adalah bisnis jasa, dan itu berarti tidak ada batas kadaluarsanya
*2. barber shop adalah bisnis yang tetap menjadi kebutuhan pria, paling tidak satu bulan sekali.
*3. bisnis barber shop perawatannya lebih mudah

Awalnya sih Ane mengira kalau belanja peralatan barber shop itu mudah, tapi  bayangan Ane itu salah. Ternyata banyak banget peralatan utama yang tidak di jual di daerah Ane, itu artinya sebagian besar alat-alat pangkas rambutnya harus beli di luar daerah.
“Hadeuh....!”

Perjuangan Ane sama Adek sepupu waktu itu capeknya bukan main, harus kontak sana sini tuk cari info penyedia alat yang terpercaya, buka web ini itu tuk cek perbandingan harga, pokoknya jauh beda deh sama sekarang.
kenapa….?
iya jelas beda lah, kalau sekarang sih lebih gampang dan gak perlu repot karena sudah ada Ralali B2B Marketplace 


eh.. apaan tuh..?
Jadi Ralali.com itu adalah sebuah platform marketplace online berbasis B2B terbesar di Indonesia. 
ehm… malah tambah bingung….
begini Sob, B2B itu sendiri itu singkatan dari Business to Business
Simpelnya B2B adalah Sebuah kegiatan transaksi jual beli secara online antara pelaku bisnis atau pemilik usaha dengan pengusaha lainnya.  
Ralali.com = Pengusaha/Pelaku bisnis antar Pengusaha/Pelaku bisnis
Tokopedia dll = Customer ke Customer
Bhinneka, Lazada dll = Pelaku Usaha ke Customer
kira - kira seperti itulah bedanya.


Jadi lewat Ralali.com Sobat bisa langsung memperoleh produk dari produsennya langsung. begitu kira-kira bedanya Sob.
Nah dengan model belanja yang seperti ini kita berkesempatan untuk mendapatkan produk dengan harga grosir, Asyik kan….?! :D :D :D


makanya ntar kalo mau buka usaha pastikan cek dulu di Ralali.com siapa tau Sobat bisa dapet penawaran menarik.

Oke, balik lagi ke bisnis Ane.
Singkat cerita setelah melalui perjuangan panjang,  barber shop Ane yang join bareng Adek Sepupu akhirnya buka dengan nama “Master Cuts”
“Horee…. Horee…..!”

dan pertarungan pun dimulai :D :D :D

eh iya, tuk Sobat yang mo buka usaha, Ane mo kasih beberapa masukan nih berdasarkan pengalaman dilapangan.
*a. Jangan berpikir bisa lebih santai saat usaha baru dimulai, justru saat itulah sobat perlu semakin giat.
*b. Jangan memaksa untuk bisa langsung sempurna sedari awal, biarlah nanti perlahan berkembang menjadi sempurna.
*c. Promosi itu Wajib, bukan sekali atau dua kali tapi lakukan dengan terus menerus, dan lakukan dengan kreatif.
*d. Untuk bisnis jasa pastikan Kualitas dan Pelayanan yang diberikan tetap atau bahkan semakin meningkat. Jangan Sebaliknya!
*e. Pastikan pula dalam perekrutan karyawan ada perjanjian ‘hitam di atas putih’ agar lebih jelas dan terkontrol kinerjanya.
*f. Pastikan tempat/lokasi usaha Sobat itu tepat dan mudah ditemukan
Nah sebegitu dulu saran dari Ane, emang dikit sih tapi yakin deh kalo Sobat terapkan itu Ane yakin bisnis Sobat bisa Maju dan stabil. amin.
Usaha barber shop Ane itu sendiri Cuma bertahan selama satu tahun aja Sob, hehehe.. karena kurangnya  pengalaman banyak banget kesalahan Ane lakukan.
Tapi walau begitu Ane tetep optimis kok, karena almarhum Om Bob Sadino pernah berkata
“Rugi/Gagal itu adalah salah satu modal penting untuk Usaha”
So…. Enjoy aja sob, menjadi pengusaha muda itu ternyata nggak sulit kok. Coba mulai aja selangkah demi selangkah dulu, kuncinya sabar dan konsisten. Trus lihat deh hasilnya, pasti mantab :D
Yuk Segera kejar cita-citamu untuk “Pengusaha Muda”
“FIGHTING…..!!!!!”





1 comment:

  1. Wah sukses Bro, btw kalo aku ketik www.superhero.com kok gak keluar blog ini ya ?

    ReplyDelete

Bottom Ad [Post Page]